Main Menu

Senin, 03 Desember 2012

Profil Wayne Rooney



Nama lengkapnya adalah Wayne Mark Rooney. Dia dilahirkan pada tanggal 24 Oktober 1985 di Croxteth, Liverpool, Inggris. Sejak kecil dia sangat menggemari olahraga sepak bola. Tidaklah mengherankan karena kota Liverpool memang identik dengan nuansa sepak bola yang begitu kental sejak lama.

Pada saat berusia 10 tahun, Wayne Rooney memulai karier sepak bolanya bersama sebuah klub yang berasal dari kota tersebut. Namun, bukan Liverpool yang notabene adalah sebuah klub besar dari kota yang sama, melainkan sebuah klub yang merupakan rival sekota Liverpool di kancah persepakbolaan Inggris, Everton.
Bersama Everton, Rooney memulai debut profesionalnya pada 2002. Sebuah golnya di tahun yang sama membawa dia mendapatkan penghargaan sebagai pencetak gol termuda dalam sejarah Liga Premier saat itu. Untuk ukuran pemain muda, karier Rooney bersama Everton terbilang sangat bagus. Setidaknya dia telah bermain bersama klub everton sebanyak 65 kali dengan torehan 15 Gol selama dua musim.
Ya, Dia hanya bermain selama dua musim bersama klub Everton karena sebelum memasuki musim ketiga bakatnya mulai tercium pelatih MU, Sir Alex Ferguson. Tanpa membuang-buang waktu lagi, Sir Alex yang memang sudah kepincut dengan bakat dan kehebatan yang ditunjukkan Rooney selama membela Everton, segera mengikatnya dengan sebuah kontrak kerja pada 2004 bersama The Red Devils, MU.
Ya, awal musim kompetisi 2004-2005, Wayne Rooney resmi pindah ke MU dengan biaya transfer yang cukup mahal untuk ukuran pemain muda, yakni sebesar 25,6 juta poundsterling. Di klub barunya, dia selalu berperan sebagai pemain kunci dalam setiap pertandingan yang dijalani MU.
Wayne Rooney langsung bersaing dengan striker asal Belanda Ruud Van Nistelrooy dan striker Alan Smith. Beruntung Wayne Rooney langsung mendapatkan posisi utama di klub yang berjuluk Theater of Dream. Wayne Rooney langsung di duetkan dengan Ruud Van Nistelrooy dengan posisi sebagai second striker.
Striker timnas Inggris ini pun semakin lama di Manchester United, semakin berkembang. Terbukti sekarang ujung tombak Manchester United itu sudah tidak memainkan emosinya. Tidak seperti dulu yang emosinya susah sekali terkendali.
Dari awal bergabung hingga sekarang, Rooney telah memberikan tiga gelar Liga Premier, satu gelar Liga Champions musim 2007-2008, dan satu gelar Piala Liga kepada MU. Bersama Tim Nasional Inggris, Rooney memulai debutnya pada 2003 sebagai striker utama Inggris yang tengah bersiap mengikuti kejuaraan Piala EURO 2004. sejak bergabung dengan Timnas Inngris, setidaknya dia telah bermain sebanyak 61 kali dengan menyumbang 25 gol.

0 komentar:

Posting Komentar